Sobat pernah mengalami kapalan pada telapak tangan atau telapak kaki ? itu loh sesuatu yang menonjol atau berasa kasar di telapaktangan atau kaki. Jadi bukan ada kapal di telapak tangan ya.. Hehehe.. biasanya sih kapalan akan muncul jika kita tak terbiasa mengerjakan pekerjaan berat dengan menggunakan tangan, terus tiba-tiba bekerja berat dengan menggunakan tangan akan muncul benjolan di permukaan tangan seperti ada cairan di dalam benjolan tersebut. Contohnya jika kita tidak terbiasa mencangkul kemudian mencangkul maka akan timbul kapalan. Selain itu juga jika kita terbiasa mengerjakan pekerjaan berat secara terus menerus maka akan timbul kapalan yang lebih kasar seperti daging yang timbul tanpa ada cairan di dalamnya. Jadi semacam ada penebalan di permukaan kulit. Tapi sebenarnya apakah kapalan itu ? dan bagaimana cara mengatasinya jika timbul pada telapak tangan. Untuk itu yuk kita simak beberapa informasi yang admin rangkum dari berbagai sumber :

Apa Itu Kapalan ?

Kapalan atau callus biasanya muncul pada kaki, tumit, tangan, atau jari, dan bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan nyeri saat berjalan atau beraktivitas. Kapalan merupakan reaksi alami tubuh untuk melindungi bagian kulit. Jika didefinisikan, kapalan adalah penebalan atau pengerasan kulit akibat tekanan dan gesekan yang berlebihan. Umumnya kulit yang mengalami kapalan akan berwarna kekuningan.

Kulit kapalan yang menebal akan membuat bagian kulit tersebut juga menjadi kurang sensitif terhadap sentuhan. Kapalan umumnya terjadi pada telapak kaki, karena ketika kita sedang berjalan, bagian inilah yang menopang beban tubuh Anda. Pemilihan ukuran dan model sepatu yang salah bisa menjadi penyebab kapalan pada kaki. Selain itu, telapak tangan juga sering mengalami kapalan. Kapalan pada telap tangan biasanya terjadi pada pemain gitar, penabuh drum, pemegang raket atau pemukul, pekerja kasar, dan lain-lainnya.

Sumber : http://www.alodokter.com/kapalan

Penyebab Terjadinya Kapalan

Beberapa penyebab atau pemicu munculnya kapalan lainnya adalah:

  • Sering memainkan instrumen musik atau menggunakan peralatan tangan. Menggunakan peralatan tangan, memainkan instrumen musik, atau bahkan menulis terlalu sering bisa menyebabkan munculnya kapalan.
  • Menggunakan sepatu yang tidak nyaman. Sepatu kesempitan dan sepatu hak tinggi bisa menekan sebagian kulit pada kaki. Sebaliknya, ketika mengenakan sepatu terlalu longgar, kaki akan lebih sering bergesekan dengan jahitan di bagian dalam sepatu.
  • Tidak mengenakan kaus kaki. Tanpa kaus kaki, gesekan akan langsung terjadi pada kulit kaki Anda. Kaus kaki yang ukurannya tidak sesuai juga bisa menjadi penyebab munculnya kapalan.
  • Tidak menggunakan sarung tangan. Menggunakan alat kerja terlalu lama tanpa mengenakan sarung tangan  akan mengakibatkan kulit tangan bergesekan dengan alat kerja. Semakin lama durasinya, semakin besar risiko kulit tangan terkena kapalan.
  • Jari kaki palu. Ini adalah kondisi cacat di mana sendi jari kaki membengkok ke bawah seperti cakar. Hal ini bisa memicu terbentuknya kapalan.
  • Bunion. Kondisi di mana muncul benjolan pada sendi pangkal jempol kaki yang terbentuk dari tulang. Bunion juga mampu memicu kulit kaki membentuk kapalan.
Cara Mengatasi dan Menghilangkan Kapalan Secara Alami

1. Baking Soda

Perawatan rumahan pertama untuk menghilangkan kaplan yang patut Anda praktikan adalah dengan mengaplikasikan bahan alami berupa baking soda pada bagian tangan atau kaki yang terdapat kapalan. Baking soda bisa dicampur ke dalam air hangat untuk merendam atau dibuat pasta pemoles.
Bila Anda ingin yang lebih praktis dan bisa sembari santai, maka pilihlah yang melakukan proses merendam. Sediakan saja sebuah baskom berukuran sesuai kebutuhan, tuangkan air hangat ke dalamnya, kemudian tambahkan tiga hingga lima sendok makan baking soda. Rendam kaki atau tangan Anda (yang terdapat kapalan) ke dalamnya, diamkan beberapa sekitar 10 - 15 sambil mendengarkan musik, menonton TV, ataupun membaca buku. Air hangat akan membantu melenturkan kapalan dan membuatnya mudah terlepas.
Sedangkan pilihan kedua adalah dengan membuat pasta untuk kulit kapalan. Caranya sederhana sekali, siapkan satu atau dua sendok air, campurkan dengan tiga sendok baking soda ke dalam mangkuk kecil, aduk hingga membentuk pasta. Poleskan pasta pada area yang terkena kapalan, lalu pijat perlahan selama beberapa menit, bersihkan. Tidak kalah simpel dengan cara menghilangkan kapalan pilihan pertama.

2. Teh Chamomile

Anda sudah pernah mendengar atau konsumsi teh herbal yang terkenal di banyak negara ini? Kehadiran teh ini membuat banyak gangguan kesehatan seperti kram perut dan nyeri menstruasi, stres, demam, sariawan, eksim, diare, perut kembung, dermatitis kontak, dan ruam popok bisa teratasi.

Tidak cukup disitu, teh chamomile juga memberi efek rileks pada tubuh. Bagi peminatnya juga tak jarang mengatakan bahwa teh ini mampu membuat tubuhnya lebih tenang dan membantu sekali untuk mengantar tidur seorang penderita insomnia. Teh ini bisa dikonsumsi langsung atau dicampur ke air hangat untuk kompres kapalan.

Prosesnya sama seperti penggunaan baking soda. Sediakan baskom berisikan air hangat, kemudian tambahkan teh chamomile ke dalamnya. Rendam area kulit yang terdapat kapalan ke dalam baskom bercampur teh chamomile, lalu biarkan hingga bagian yang direndam terasa rileks untuk sementara waktu. Setelah itu bersihkan noda pada kulti dengan sabun dan air.

3. Cuka dan Bawang Putih

Perpaduan kedua bahan yang biasa terdapat di dalam lemari dapur ini bisa juga dipakai untuk meredakan kapalan di tangan maupun kaki. Cara menggunakannya dengan menumbuk bawang putih secukupnya hingga halus, lalu hasil tumbukan dikumpulkan dalam satu wadah.
Pada wadah yang sama, tuang atau teteskan cuka secukupnya. Kemudian Anda jemur atau biarkan terkena paparan matahari langsung campuran bahan pada satu wadah tadi hingga cuka mengering. Gunakan hasil jemur tumbukan bawang putih ini saat menjelang tidur. Poles pada area yang terserang kapalan, lalu bersihkan keesokan harinya setelah bangun tidur.

4. Air Hangat dan Batu Apung

Cara menghilangkan kapalan yang satu ini sangat mudah untuk dipraktikan. Sediakan sebaskom air hangat, rendam tangan atau kaki Anda selama kurang lebih 30 menit. Pastikan Anda melakukan perendaman seelah mandi. Kemudian gosokkan batu apung ke area kulit kapalan beberapa kali dan saat. Lakukan cara ini sampai kapalan sembuh.

5. Kulit Lemon

Pada bagian kulit buah lemon ternyata terkandung senyawa yang mampu dimanfaatkan sebagai obat kapalan alami dan super murah. Cara pemakaiannya cukup dengan menempelkan atau menutup area kapalan dengan kulit lemon bagian dalam, lalu gunakan plester kulit atau ikat dengan kain agar tetap menempel selama beberapa jam pada kulit Anda.

6. Cengkeh dan Air Lemon

Untuk menipiskan kulit kapalan, Anda bisa mencampurkan air lemon dengan cengkeh. Caranya dengan mencampur air lemon dan cengkeh di dalam sebuah wadah, lalu abaikan 15 menit ramuan tersebut. Setelah itu, pisahkan cengkehnya dengan menyaring air lemon. Pakailah air lemonnya untuk memoles kulit yang terkena kapalan. Sehari Anda bisa lakukan ini sebanyak 2 – 3 kali.

7. Kulit Nanas

Selain kulit lemon, ada juga kulit nanas yang turut membantu dalam proses pengobatan kapalan. Untuk wanita maupun pria, bisa mencoba cara yang satu ini. Pertama-tama, rendamlah kaki atau tangan Anda pada baskom berisikan air hangat seperti biasanya selama 15 – 30 menit. Lalu  tempelkan bagian dalam kulit nanas pada kulit yang kapalan, rekatkan juga dengan plester luka atau dibalut dengan kain. Lakukan ini sebelum tidur, lalu pagi harinya dilepas dan ulangi lagi selama minimal 4 hari.

8. Kopi dan Minyak Zaitun

Kopi diketahui dapat mencerahkan dan melembabkan kulit, begitu pula sama manfaatnya dengan minyak zaitun. Apa jadinya bila kedua bahan ini disandingkan? Tentu akan membawa kebaikan bagi kulit Anda, seperti salah satunya untuk membasmi kapalan.

Sumber : http://www.matakuliah.net/2015/11/cara-menghilangkan-kapalan.html

0 komentar:

Post a Comment