Tentu sobat sudah tidak asing lagi dengan daun tamanan satu ini. Sebab memang daun katu sering dimasak oleh ibu – ibu di dapur. Biasanya daun katu sangat enak jika dimasak sayur bening. Walaupun hanya dimasak sayur bening dengan bumbu sederhana, sayur daun katuk tetaplah enak dimakan apalagi ditemani dengan sambal terasi. Pastinya akan sangat segar dan gurih. Dan biasanya setelah mengkonsumsi daun katuk, badan akan lebih dingin dan segar. Selain itu juga baiasanya bagi ibu yang baru melahirkan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sayur bening daun katuk. Wah.. berarti daun katuk memang kaya akan manfaat ya sobat. Dan tentu tak hanya itu saja manfaat daun katuk, masih banyak lagi manfaat dari daun katuk ini. Mau tahu apa saja manfaat daunkatuk ? yuk kita simak informasinya di bawah ini :

Katuk (Sauropus androgynus) merupakan tumbuhan sayuran yang banyak terdapat di Asia Tenggara. Tumbuhan ini dalam beberapa bahasa dikenali sebagai mani cai (尼菜; bahasa Tionghoa) , cekur manis (bahasa Melayu) dan rau ngót (bahasa Vietnam). Daun katuk merupakan sayuran minor yang dikenal memiliki khasiat memperlancar aliran air susu ibu (ASI).

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Katuk

Kandungan Gizi Daun Katuk

Nama Bahan Makanan : Daun Katuk
Nama Lain / Alternatif : -
Banyaknya Daun Katuk yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Daun Katuk yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 40 %
Jumlah Kandungan Energi Daun Katuk = 59 kkal
Jumlah Kandungan Protein Daun Katuk = 4,8 gr
Jumlah Kandungan Lemak Daun Katuk = 1 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Daun Katuk = 11 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Daun Katuk = 204 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Daun Katuk = 83 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Daun Katuk = 3 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Daun Katuk = 10370 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Daun Katuk = 0,1 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Daun Katuk = 239 mg
Khasiat / Manfaat Daun Katuk : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : D
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Manfaat Daun Katuk Bagi Kesehatan

  • Daun katuk dapat mencegah osteoporosis, kalsium yang terdapat di dalamnya cukup baik, cocok untuk dikonsumsi oleh kaum perempuan yang tidak ingin terkena osteoporosis.  kalsium hingga 2,8%, besi kalium, dapat di olah seperti manfaat kangkung atau manfaat bayam.
  • Efektif untuk melancarkan ASI bagi ibu yang tengah menyusui. Senyawa minyak esensial (saponin, flavooid, tanin, triterpenoid) sejumlah asam amino, vitamin a, b, dan c, mineral (kalsium, fosfor, zat besi) serta tujuh senyawa aktif lainnya.
  • Mengandung efedrin yang sangat baik bagi penderita influenza. Kandungan zat besi yang cukup tinggi tentunya dapat mengatasi gejala pemyakit anemia.
  • Terdapat tujuh senyawa aktif yang merangsang produksi hormon-hormon steroid dan senyawa eiksonoid
  • Sebagai sumber manfaat vitamin A yang diperlukan untuk mencegah penyakit mata, pertumbuhan sel, sistem kekebalan tubuh, dan reproduksi.
  • Daun katuk dapat mengandung hampir 7% protein dan serat kasar sampai 19%. Daun ini juga kaya akan vitamin K. Selain pro-vitamin a (beta karoneta), b, dan c.
  • Kandungan kalori, protein dan karbohidrat daun katuk hampir setara dengan manfaat daun pepaya dan manfaat daun singkong. Sedangkan kandungan zat besi dan proteinnya lebih tinggi dari pada kedua jenis daun tadi.
  • Daun katuk juga kaya akan vitamin a, b1 dan c. Senyawa fitokimianya seperti tanin, saponin, dan alkaloid papaverin berpotensi sebagai bahan obat alami.
  • Menyehatkan mata, kandungan betakarotin yang tinggi dan vitamin a yang di percaya membantu mencegah gangguan mata.
  • Baik untuk kesehatan pria. Dalam katuk terdapat zat aktif yang mampu merangsang sintesis hormon steroid seperti progestron, dan testoteron sehingga membangkitkan vitaslitas seksual, dan memacu kualitas dan kuantitas sperma.
  • Kalsium yang sangat rendah dapat menyebabkan naikknya tekanan darah tinggi. Untuk mengatasinya, cobalah mengkonsumsi daun katuk yang cukup baik kadar kalsiumnya.
Sumber : http://manfaat.co.id/manfaat-daun-katuk

Nah itu beberapa informasi seputar daun katuk, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment