Sobat pembaca pasti sering mendengar kata kutil kan ? karena biasanya juga kata kutil sering digunakan dalam sebuah ungkapan, candaan atau ejekan. Sewaktu masih sekolah dulu beberapa teman admin suka menggunakan kata kutil untuk sebuah ungkapan kekesalaan atau candaan. Misal “ah,, kutillah lu” atau “dasar kutil lah lu”. Tapi pertanyaannya kenapa menggunakan kata kutil dalam ungkapan tersebut ? atau mungkin karena adanya persamaan antara kutil dengan seseorang tersebut ? ehhmmm agak geli juga sih kalau kita disamakan dengan kutil.. hehehe.. atau mungkin juga kenapa menggunakan kata kutil karena kesamaan sifat-sifat pada kutil, seperti yang kita ketahui kutilkan sesuatu yang kecil tapi mengganggu. Namun pernahkan sobat mengalami kutilan ? itu loh seperti ada daging kecil yang menonjol pada permukaan kulit yang sangat mengganggu, dan biasanya juga menimbulkan rasa gatal. Tapi apakah sobat tahu apa sebenarnya kutil itu ? dan kenapa bisa muncul ? nah berikut ini informasinya yang admin rangkum dari berbagai sumber :

Apa itu Kutil ?

Kutil dalam istilah medis disebut Papilloma. Papilloma itu sebenarnya sejenis tumor jinak pada kulit, berasal dari penebalan lapisan luar kulit yang berlebihan. Bentuk kutil ini bisa bermacam-macam. Bisa besar-besar atau bisa juga kecil-kecil. Biasanya memang kalau dipegang tidak sakit, dan kalau sudah sangat besar, bisa berdarah kalau lecet. Bila sudah besar biasanya bentuknya seperti bunga kol.

Kutil disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Virus ini memang menyerang kulit dan salah satu jenis penyakitnya yaitu menimbulkan kutil kecil-kecil di telapak tangan.

Ahli penyakit kulit menggolongkan kutil secara umum dalam kelompok common warts (verruca vulgaris), verrucas (plantar warts), plane warts (verruca plana), dan filiform warts (verucca filiformis).

  • Common warts, yakni jenis kutil berpermukaan kasar serta teksturnya berupa benjolan menebal, biasa disebut papula atau plak. Kutil ini sering timbul buku jari, jari, siku dan lutut. Kebanyakan memiliki bintik-bintik kecil gelap yang berasal dari pembuluh darah beku.
  • Verrucas biasanya muncul di telapak kaki, kadang-kadang di tumit dan jari kaki. Jenis ini dapat menyakitkan dan biasanya tumbuh ke dalam kulit karena adanya tekanan dari telapak kaki. Ciri khasnya memiliki titik hitam di tengah dengan daerah putih disekitarnya yang mengeras.
  • Plane warts biasanya berbentuk bulat, datar, mulus, dan umumnya berwarna kekuningan, kecoklatan, atau menyesuaikan warna kulit penderitanya.
  • Filiform warts berbentuk panjang dan biasanya ditemukan pada kelopak mata, leher, dan ketiak
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Kutil

Penyebab Munculnya Kutil

Penyebab kutil pada kulit adalah karena adanya Human Papillomavirus (HPV) pada lapisan kulit atau selaput lendir. Kutil bisa menyerang semua bagian kulit pada tubuh, namun pada umumnya kutil menyerang daerah-daerah bagian tertentu pada kulit, seperti tangan, kaki, lutut, siku, jari, wajah, bahkan alat kelamin. Kutil juga merupakan salah satu penyakit kulit yang bisa menular. Penyebab penularan kutil bisa diakibatkan karena bersentuhan secara langsung dengan virus papiloma. Penularan kutil juga bisa disebabkan karena beberapa faktor, seperti adanya media benda yang sebelumnya sudah ada virus papilloma yang menempel, contohnya pada media alat cukur baik untuk wajah atau kaki. Menggaruk kutil juga akan menimbulkan resiko penularan pada kulit bagian yang lain maupun kulit orang lain. Karena saat menggaruk virus penyebab munculnya kutil, bisa saja menempel pada jari atau kuku.

Cara Mengobati dan Menghilangkan Kutil

Kutil tidak terlalu bahaya dan relatif mudah dihilangkan. Namun karena tidak menyenangkan dilihat dan beberapa jenis kutil menyebabkan rasa nyeri, maka berbagai pengobatan telah dikembangkan untuk menghilangkannya, antara lain:

  • Asam salisilat, merupakan asam yang melunakkan permukaan kulit dan menyebabkan kulit meluruh dan mudah dirontokkan. Ini adalah pengobatan paling umum untuk kutil. Hanya saja pengobatan ini membutuhkan waktu berminggu-minggu hingga hitungan bulan.
  • Krim Retinoid (Retin-A, Avita), Merupakan obat yang menghalangi pertumbuhan sel kulit.
  • Cantharidin (Cantharone, Cantharone Plus), adalah obat yang disuntikkan atau dioleskan dan menyebabkan kutil dan kulit di sekitarnya melepuh sehingga kutil bisa diangkat. Pengobatan ini hanya bisa didapat di ruang praktik dokter.
  • Bichloracetic acid (BCA), membunuh kutil dengan menghancurkan protein di dalam selnya. Biasanya digunakan untuk kutil di telapak tangan atau kaki. BCA juga bisa menyerang sel normal, sehingga harus diaplikasikan dengan hati-hati.
  • Nitrogen, Nitrogen dalam bentuk cair bisa disemprotkan kepada kutil dan menyebabkan kutil mengeras dan menjadi rapuh sehingga mudah dibuang oleh dokter. Hanya saja cara ini mungkin menimbulkan rasa tidak nyaman
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Kutil

Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami

1. Getah Pohon Awar-Awar

Formula ini saya ambil dari pengalaman pribadi. Dan merupakan cara paling cepat dalam menghilangkan kutil, menurut saya. Ceritanya dulu bagian tangan saya ada yang ditumbuhi kutil. Awalnya dibiarkan saja, tapi ternyata kutil tersebut mulai menyebar ke bagian tangan lain hingga terdapat hingga 5 buah ditangan kanan dan kiri. Karena mulai khawatir akhirnya saya cari info untuk mengobatinya. Kebetulan di rumah ada buku jadul tentang pengobatan tradisional dan disana tertulis untuk mengobati kutil dengan cepat bisa dilakukan dengan getah pohon awar-awar. Orang Sunda menyebutnya Kiciat.

Cara pengobatan: Ambil getah pohon Awar-Awar (Kiciat) dengan mematahkan batang muda atau batang daunnya. Getahnya yang berwarna putih tersebut oleskan pada permukaan kutil sambil ditekan-tekan kasar agar meresap. Setelah itu biarkan saja. Lakukan sehari dua kali pagi dan sore. Hari kedua biasanya kutil sudah kering dan hari ketiga, kempis tak tersisa.

2. Kapur Sirih dan Sabun Cuci (Sabun Colek)

Kombinasi kapur sirih dan sabun colek memang cukup ampuh untuk menghilangkan kutil. Namun perlu dilakukan secara rutin dan terus-menerus untuk mendapatkan hasil maksimal.

Langkah-langkah: Ambil sedikit kapur sirih dan sedikit sabun colek dengan perbandingan seimbang. Aduk merata. Bersihkan bagian permukaan kulit yang berkutil dengan air hangat. Oleskan sedikit demi sedikit ramuan yang sudah dibuat tadi pada permukaan kutil.

Efek samping

Pengobatan dengan ramuan diatas harus diulangi terus menerus secara rutin agar kutil bisa benar-benar hilang dari kulit. Cara pengobatan diatas juga bisa menimbulkan rasa gatal yang sangat luar biasa. Akan tetapi, kutil yang sudah hilang setelah proses pengobatan diatas tidak akan tumbuh kembali.

3. Air Cuka

Cara pengobatan: Teteskan air cuka sedikit demi sedikit pada kapas (secukupnya saja). Oleskan kapas yang sudah ditetesi air cuka pada permukaan kutil. Ulangi secara rutin selama 3-4 minggu.

Efek samping

Pengobatan dengan menggunakan cuka akan menimbulkan rasa perih pada bagian kulit yang ditumbuhi kutil atau bagian yang diberi tetesan cuka. Namun pengobatan ini bisa mengangkat kutil hingga hilang sampai ke bagian akarnya.

4. Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang kaya akan manfaat. Saya pernah menuliskannya dalam artikel Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan.Namun siapa sangka, bumbu dapur dengan aroma khas ini bisa juga dijadikan sebagai obat kutil tradisional. Simak langkah-langkah pengobatan kutil dengan bawang putih di bawah ini.

Cara pengobatan: Ambil satu siung bawang putih, tumbuk hingga halus. Oleskan pada permukaan kulit yang ditumbuhi kutil. Balut bagian kulit yang sudah dilumuri bawang putih. Ulangi secara rutin sampai kutil hilang dari permukaan kulit.

Efek samping

Selama melakukan pengobatan menggunakan bawang putih akan timbul rasa panas pada kulit. Lama kelamaan kulit akan menunjukkan tanda-tanda seperti permukaan kulit yang sebelumnya kasar akan menjadi lembut. Jika kulit sudah menjadi empuk dan lembut maka itu berarti bahwa kutil sudah berhasil anda sembuhkan.

5. Getah Pepaya

Selain getah pohon awar-awar, getah pepaya juga dapat digunakan untuk menghilangkan kutil. Hal tersebut sudah pernah saya bahas dalam artikel Manfaat Buah Pepaya. Getah pepaya bisa diambil dari bagian pohon atau buahnya yang masih muda.

Langkah-langkah: Ambil getah yang sudah anda ambil dari pohon atau buah pepaya. Oleskan merata pada bagian kulit yang ditumbuhi kutil. Ulangi secara rutin agar kutil bisa hilang sepenuhnya dari permukaan kulit.

Sumber : http://manfaatnyasehat.com/cara-menghilangkan-kutil/

0 komentar:

Post a Comment