Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jamur

Salah satu makanan yang memilki citarasa yang gurih dan lezat adalah jamur, maka tak heran jika banyak orang menyukai jamur.  Untuk dapat memasak jamur dengan rasa yang enak pun tak perlu memiliki keahlian khusus, sebab jamur seolah telah memilki penyedap rasa alami yang yang terkandung didalamnya. Contohnya walaupun hanya ditumis secara sederhana, jamur tetap nikmat dilidah. Bahkan dengan hanya di rebus pun akan tetap enak di lidah. Tetapi tak hanya itu saja kelebihan dari jamur, sebab jamur juga kaya akan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. malah untuk beberapa jenis jamur bisa di manfaatkan sebagai obat. Nah berikut ini beberapa pembahasa mengenai kandungan gizi dan manfaat jamur bagi kesehatan :

Jamur memiliki nama ilmiah “Agaricus” umum, namun untuk spesies yang berbeda namanya juga berbeda. Jamur pada dasarnya digolongkan kedalam keluarga saprophytes, organisme /tanaman tanpa klorofil yang berkembang biak dengan mengekstraksi nutrisi dari tanaman yang mati dan telah membusuk. Jamur memiliki warna yang sangat bervariasi, termasuk tekstur, bentuk dan sifat. Jamur konsumsi yang banyak kita kenal diantaanya, jamur merang, jamur kancing, jamur kuping, jamur kayu, jamur tiram putih dll.

Kandungan Gizi Jamur

Berikut daftar nutrisi pada jamur, seperti yang Kami kutip dari USDA

  • Lemak 0,1 g 0%
  • Lemak jenuh 0 g 0%
  • Lemak tak jenuh ganda 0,1 g
  • Lemak tak jenuh tunggal 0 g
  • Kolesterol 0 mg 0%
  • Sodium 1 mg 0%
  • Kalium 143 mg 4%
  • Karbohidrat 4,9 g 1%
  • Serat 1,9 g 7%
  • Gula 1,4 g
  • Protein 1,4 g 2%
  • Vitamin A 0% Vitamin C 0%
  • Vitamin B-6 0%
  • Vitamin B-12 0%
  • Kalsium 0%
  • Besi 1%
  • Magnesium 1%

Manfaat jamur bagi kesehatan adalah melindungi tubuh dari beragam penyakit dan infeksi, karena jamur banyak mengandung protein, vitamin dan mineral, asam amino, antioksidan hingga  antibiotik alami. Nah berikut ini beberapa manfaat dari jamur :

Manfaat dan Khasiat Jamur Bagi Kesehatan

1. Mengandung Kolesterol Rendah

Jamur merang mengandung banyak protein, tidak mengandung lemak jahat, dan kandungan karbohidrat yang rendah. Selain itu kandungan serat dan enzim pada jamur membantu melancarkan seistem pencernaan. Ditunjang dengan protein yang sehat, maka kandungan protein yang tinggi tersebut dapat membakar kolestrol di dalam sistem pencernaan.

2. Baik bagi Penderita Diabetes

Jamur mengandung insulin alami yang baik untuk penderita diabetes, jamur yang rendah lemak dan karbohidrat. Manfaat jamur merang baik untuk fungsi hati, pankreas dan kelenjar endokrinal lainnya sehingga dapat meningkatkan pembentukan insulin dengan jumlah yang tepat. Kandungan antibiotik pada jamur baik menghindari infeksi akibat luka diabetes.

3. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Jamur merang membantu menghindari pertumbuhan sel kanker pada payudara dan kanker prostat. Jamur mengandung beta-glukan dan asam linoleat terkonjugasi memiliki efek karsinogenik. Asam linoleat membantu menurunkan efek hormon estrogen. Kandungan hormon estrogen terlalu tinggi dapat meningkatkan resiko kanker payudara. Beta-glukan akan menghambat pertumbuhan sel kanker pada kanker prostat. Kandungan selenium pada jamur efektif menghambat sel kanker.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jamur mengandung ergothioneine yaitu antioksidan yang kuat dalam jamur dan efektif untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Kandungan ini akan menghambat infeksi jamur, mikroba dll. Dapat membantu menyembuhkan borok atau luka berbisul. Kandungan yang baik seperti vitamin A, B kompleks dan C yang terdapat dalam jamur bermanfaat bagi daya tahan tubuh.

5. Baik Untuk Diet

Manfaat Jamur merang bagi manusia tidak mengandung lemak yang baik untuk program diet, sehingga kandungan protein dalam makanan akan dimanfaat untuk membakar lemak. Serat yang banyak baik untuk pencernaan.

6. Baik Untuk Masa Pertumbuhan

Kandungan protein jamur cukup tinggi. Protein digunakan untuk pertumbuhan. Dibandingkan dengan putih telur, jamur merang tidak mengandung lemak apalagi kolestrol sehingga baik untuk menurunkan kolesterol. Konsumsi jamur merang di masa pertumbuhan akan membantu proses pertumbuhan secara maksimal.

7. Memperkuat Tulang

Jamur mengandung kalsium yang tinggi. Selain kalsium juga ada vitamin D yang bahkan jamur merang ini memiliki kandungan vitamin D terbesar kedua setelah cod liver oil. Oleh sebab itu, kandungan kalsiun dan vitamin D yang tinggi tersebut sangat baik untuk kesehatan tulang kita.

8. Mencegah Anemia

Kita membutuhkan zat besi untuk bahan pembuatan darah kita. Kekurangan zat besi akan menyebabkan kita kekurangan darah atau istilahnya adalah penyakit anemia. Manfaat jamur merang memiliki kandungan zat besi yang cukup untuk membantu kita terhindar dari resiko anemia.

9. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Jamur merang memiliki kandungan mineral tambahan yang tinggi, salah satunya adalah kalium dan tembaga. Kita tahu bahwa tembaga memiliki sifat anti bakteri yang menjaga organ dalam kita terhindar dari serangan bakteri penyakit. Ditunjang dengan kalium yang tinggi yang ini sangat baik untuk menjaga fungsi pembuluh darah kita. Akibatnya jantung kita akan terjaga fungsi dengan baik.

10. Mengatasi Radikal Bebas

Selain flavonoid yang dikenal baik untuk mengatasi radikal bebas, selenium pun juga sama. Selenium yang ada di dalam kandungan jamur merang membantu kita untuk mengatasi radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas yang masuk seperti dari asap polusi, alkohol, makanan dengan lemak jahat, dan radiasi elektrmagnetik bisa menyebabkan penyakit serius.

11. Baik Untuk Para Vegetarian

Jamur merang sangat baik untuk digunakan oleh para vegetarian yang tetap ingin mendapatkan kandungan seperti protein hewani. Perlu kita ketahui bahwa manfaat jamur merang memiliki kandungan protein yang setara dengan protein hewani. Sehingga sangat cocok bagi para vegetarian yang menghindari konsumsi makanan hewani.

0 komentar:

Post a Comment