Pengalaman Mengikuti Tes TPA dan TOEFL Universitas Pertahanan


Tes TPA dan TOEFL Penerimaan Mahasiswa Baru UNHAN

Melanjutkan postingan admin tentang pengalaman pribadi admin mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas Bandar Lampung yang bisa anda baca disini , nah kali ini admin akan berbagi cerita pengalaman mengikuti tes TPA dan TOEFL yang memang merupakan tahapan wajib yang diikuti oleh setiap pendaftar di Universitas Pertahanan Indonesia. Kalau anda sudah membaca postingan saya sebelumnya saya sudah menjelaskan bahwa di Universitas Pertahanan itu serba gratis ditanggung negara. Oleh sebab itu tentu minat masyarakat yang ingin mendaftar tentu sangat besar, beasiswa Universitas Pertahanan itu sendiri diperuntukan untuk semua masyarakat indonesia dan Warga Negera Asing yang telah bekerja sama dengan Indonesia, jadi jangan heran kalau ada bule yang kuliah di UNHAN nantinya, selain itu untuk Warga Indonesia itu sendiri berasal dari berbagai sumber yang sebelumnya telah menyelesaikan Study S1 / Sederajat mulai dari TNI, Polisi, PNS, dan Umum. Dan untuk angkatan 2017/2018 atau Cohort 9, mahasiswa berasal dari hampir semua provinsi di indonesia. Jadi teman admin saat ini lengkap mulai dari Aceh, Papua, Kalimantan, Sulawesi hingga NTB. Oke, cukup sudah basa-basinya.. lanjut lagi ke pengalaman admin mengikuti tes TPA dan TOEFL.

Jarak pengumuman hasil seleksi administrasi (Tahap I) ke Tes TPA dan TOEFL(Tahap II) kurang lebih 2 – 3 minggu. Awalnya admin tidak begitu yakin bisa lolos administrasi, mengingat persyaratannya yang banyak dan berat. Tapi admin percaya kalau rezeki tidak akan tertukar. Hingga tibalah pengumuman..  jeng jeng… Alhamdulillah nama admin nyelip didaftar mahasiswa yang lolos administrasi dan berhak untuk masuk tahap berikutnya yaitu TPA dan TOEFL. Untuk tes TPA dan TOEFL sendiri tidak dilakasanakan dalam satu hari melainkan 2 hari dan kalau tidak salah waktu itu admin dapat jadwal TPA hari Selasa dan Rabu untuk TOEFLnya. Berangkatlah admin dari Bandar Lampung hari minggu dan tiba di Kawasan IPSC Sentul Bogor pada senin pagi.  Walaupun sebenarnya tak semudah itu admin bisa sampai ke Bogor, mengingat admin status masih aktif bekerja, sehingga hari jumat sebelum berangkat admin sudah mengurus semua ijin untuk keperluan tes di Bogor selama kurang lebih 3 hari. Dengan sedikit nada memelas akhirnya admin mendapat ijin dari kantor.. hehehe..

Mengingat untuk mengikuti tes tersebut butuh pengorbanan yang tak sedikit baik materi maupun waktu dan tenaga, maka admin harus bersungguh-sungguh jadi tidak coba – coba doang.. jadi sebelum berangkat ke bogor admin juga menyempatkan waktu untuk mecari buku TPA dan TOEFL di toko gramedia, walaupun terkesan dadakan tapi minimal admin sudah punya senjata untuk berperang.. hihihii..

Hari pelaksanaan tes pun tiba, sebenarnya untuk tes TPA dan TOEFLnya tidak jauh beda dengan tes TPA dan TOEFL pada umumnya.. malah kalau menurut admin untuk tes TPAnya masih lebih mudah dibandingkan Tes TPA yang diadakan oleh BAPPENAS, sebab admin pernah mengikuti tes TPA BAPPENAS dan memperoleh skor 574 (agak sombong dikit,, hahaha).. jadi ya gitu, setelah selasai tes di hari kedua.. admin pun segera kembali ke lampung sebab admin hanya mengurus ijin sampai hari rabu saja. Jadi hari kamis harus sudah masuk kerja kembali.

Nah.. masih penasarankan bagaimana kelanjutannya ? Untuk itu tetap pantau blog admin ya.. 


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berlangganan Artikel Gratis

Subscribe via Email